Iklan

Selasa, 22 Juli 2014

Membuat Karakter Game yang Menarik

Untuk bisa membuat game menarik, tentu karakter adalah hal yang sangat penting dalam grafik gamenya. Dan bila anda ingin membuat game, maka pastikanlah anda memiliki keahlian dalam desain dan dekorasi digital. Bila anda ingin tahu apa yang diperlukan dalam membuat karakter yang menarik, mari kita lanjutkan...


1. Belajar Bakat

Menggambar Karakter
Anda yang tidak punya bakat desain dan modeling juga bisa membuatnya bila terus berlatih dan berlatih. Bakat tidak hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki darah yang sesuai dengan bakatnya, tidak. Orang-orang berbakat yang memiliki garis keturunan dari bakat yang sama, bisa menguasai bakat itu karena mereka terbiasa hidup berdampingan dengan bakat tersebut. Contoh, seorang anak bisa pandai melukis, karena memang dia dibesarkan di dalam lingkungan yang akrab dengan lukisan, seni dll. Begitu pula anak yang memiliki orangtua guru matematika, mungkin sekali anak itu menguasai bidang matematika. Tapi, bukan berarti orang lain yang tidak dibesarkan di lingkungan seperti itu tidak bisa melukis ataupun pintar matematika, semua dimulai dari belajar dan suka. Ingat itu, suka...

2. Pengetahuan Tentang Desain Grafis

Sketsa Angry Bird yang siap diberi sentuhan digital

Pembuatan Game di komputer sangat mutlak memerlukan pengetahuan di bidang desain grafis. Di sini kita bisa langsung menggambar karakter untuk game kita, atau menyempurnakan desain yang sebelumnya kita gambar lalu kita scan. Di sini, gambar kita beri sentuhan digital agar lebih menarik untuk dijadikan karakter game. Dan ini akan lebih membutuhkan eaktu dan tenaga lagi seandainya karakter itu adalah karakter tiga dimensi. Seperti kita tahu membuat model 3d cukup sulit bagi yang tidak biasa.

3. Gerakan

http://www.cartoonhdwallpapers.com/wallpapers/my_angry_birds_sketch_yellow_bird_by_jeremiekent13-d5xk35f.jpg
Contoh desain kondisi karakter bila diam, melompat atau jatuh.

Untuk ini lebih mengarah ke animasi. Contoh, kita akan membuat karakter pesawat. Tapi, kita harus tahu bagaimana dia berbelok, berputar, dll. Untuk bisa menyerupai pesawat asli, tentu gerakan dan desain harus disesuaikan di pembuatan game ini. Seandainya karakternya manusia, bukan pesawat. Bagaimana gerakan waktu dia menendang, menangkis, berjalan dll, harus diperhatikan dan dibuat sepersis mungkin dengan dunia nyata atau yang ada di imajinasi kita. Oleh karena itu mendesain satu karakter dengan berbagai macam pose sangat perlu untuk membuat gerakan yang lebih maksimal.

4. Suka

Iya, suka akan membuat anda senang menjalani ini. Membuat desain bagi game anda, tidak akan membuat anda merasa terbebani. Anda harus selalu senang dan suka karena ini mempengaruhi hasil jadi karya anda. Bila anda tidak tertarik untuk membuat, lebih baik jangan. Apabila orang melakukan sesuatu dengan setengah hati, maka hasilnya akan setengah-setengah, lalu untuk apa membuat kalau hanya jadi setengah? Sebaiknya anda membuat desain seperti ini di saat anda benar-benar tertarik. Suka adalah motivasi terbesar dari setiap karya yang ada.

http://i1.ytimg.com/vi/0MXHvy-bbfs/maxresdefault.jpg
Desain Angry Bird yang sudah siap dimasukkan ke proyek game

Nah, kali ini saya sudah membuat postingan non-copas tentang cara agar karakter game kita menarik.
Kapan-kapan saya akan nongol lagi dengan postingan non-copas "Cara Membuat Karakter Game 2d"...

Terimakasih...

Tidak ada komentar:

Kirim Pesanmu...

Nama

Email *

Pesan *

Join gue dong...